Wednesday 22 October 2014

Efek Bekam Terhadap Penyakit Hepatitis Kronis


Hepatitis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sangat ditakuti manusia dan kita berusaha sebisa mungkin untuk tidak terkena penyakit hepatitis ini terlebih jika level hepatitis tersebut sudah termasuk level hepatitis kronis. Tetapi yakinlah akan Firman Allaah bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya dan salah satu cara pengobatan yang sangat dianjurkan dan mengikuti sunnah adalah dengan melakukan pengobatan bekam.

Efek dari pengobatan bekam ini akan berbeda untuk setiap jenis penyakit tetapi bekam ini in shaa Allaah biidznillaah ta'aala bisa mengobati banyak sekali penyakit. Walaupun ada penyakit-penyakit tertentu yang tidak bisa disembuhkan hanya dengan bekam, contohnya adalah penyakit yang berhubungan dengan pergeseran tulang belakang maka harus dilakukan pengobatan dengan metode kiroprasi yaitu pengobatan dengan cara pembentukan tulang belakang.
efek bekam terhadap kanker hati
Efek bekam terhadap hepatitis kronis
Efek Bekam Terhadap Penyakit Hepatitis Kronis yaitu:
  • Efek bekam terhadap penyakit hepatitis kronis yaitu berperan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membantu mengatasi virus.
  • Bekam berpengaruh positif terhadap sel, karena bekam membersihkan sel dari virus-virus yang berhasil menembusnya, sehingga sel-sel pulih dan kembali berfungsi sempurna. 
  • Efek bekam terhadap penderita penyakit hepatitis kronis yaitu bekam menstimulasi sirkulasi darah dalam lobus-lobus hati melalui zat nitrit oksida (NO), yang berperan memperluas pembuluh darah dan melancarkan suplai darah secara melimpah ke sel-sel, mencegah kematian sel di bagian tepi kelompok-kelompok sel hati dan sel-sel terinfeksi. 
  • Bekam berperan mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah portal pada hati sehingga mencegah terjadinya varises esofagus serta pembengkakan limpa dan perut.
  • Efek bekam terhadap penyakit hepatitis kronis yaitu ditemukan bahwa enzim-enzim hati mulai berkurang setelah dilakukan pembekaman pertama. Hal ini menunjukkan bahwa sel-sel hati telah kembali berrfungsi secara lebih baik daripada sebelumnya. Ditemukan pula bahwa jumlah virus dalam sebagian besar kasus juga berkurang. Ini menunjukkan terjadinya peningkatan kekebalan tubuh.
CATATAN Efek Bekam Terhadap Penyakit Hepatitis Kronis
  • Penderita hepatitis harus menjaga pola makan yang sehat, menghindari makan-makanan berlemak, merokok, mengkonsumsi alkohol.
  • Penderita hepatitis harus rutin mengkonsumsiobat yang diresepkan oleh dokter. Tidak ada kontradiksi antara obat-obatan tersebut dengan bekam.
  • Penderita hepatitis harus mengulang pemeriksaan yang diperlukan dari waktu ke waktu, untuk memastikan fungsi hati.
  • Penderita hepatitis disarankan untuk menggunakan sarana pengobatan lain yang telah diajarkan oleh Rasulullaah seperti sedekah dan doa.

EKSPERIMEN DAN HASIL TERAPI Efek Bekam Terhadap Penyakit Hepatitis Kronis

Fungsi hati meningkat secara nyata setelah terapi bekam pada banyak pasien hepatitis dan bahwa jumlah virus mulai berkurang pada kebanyakan pasien. Terapi bekam dilakukan secara rutin sebulan sekali hingga fungsi hati kembali normal. Kemudian dilakukan pembekaman setiap dua bulan sekali. Jika sudah menjadi fibrosis pada beberapa sel maka peran bekam adalah melindungi sel-sel yang sehat agar tidak mengalami fibrosis serta menstimulasi aktivitasnya.

Sumber: Buku karya Dr. Ahmad Razak Sharaf berjudul “Penyakit dan Terapi Bekamnya”.

No comments:

Post a Comment