Friday 24 October 2014

Pengobatan Islam adalah Pengobatan Utama, Bukan Pengobatan Alternatif

Jika kita mengaku sebagai seorang muslim, pastinya kita akan yakin bahwa Allaah lah yang menciptakan kita, Allaah lah yang membuat semua organ dalam tubuh kita yang mempunyai jam kerjanya masing-masing, Allaah lah yang membuat satu bagian dengan bagian lainnya dalam tubuh kita saling keterkaitan, saling konek, nyambung, yang satu akan merasakan sakit jika bagian tubuh yang lainnya sakit, Allaah lah yang maha tau bagaimana tubuh ini jika digunakan untuk bekerja, butuh istirahat dan hanya Allaah lah pastinya PALING tau apa yang harus dilakukan ketika tubuh kita (ciptaan-Nya) ini dalam keadaan sakit dan butuh pengobatan. Karena sekali lagi Allaah lah yang menciptakan kita sehingga Dia tau sampai dengan detail apapun yang dibutuhkan oleh tubuh kita, apapun yang TIDAK dibutuhkan oleh tubuh kita.
pengobatan islam merupakan pengobatan pertama
Pengobatan Islam adalah pengobatan Utama

Karena Allaah lah yang tau apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita, tau apa yang bermanfaat bagi badan kita, maka pastilah apa yang Allaah beritahukan melalui Al-Quran adalah pasti kebenarannya. Allaah menyebutkan beberapa buah dalam Al-Quran seperti buah Zaitun, buah Tin, buah kurma, buah delima, buah anggur, buah pisang, dan buah lainnya yang Allaah sebutkan pastilah itu merupakan buah yang sangat bermanfaa tuntuk tubuh kita. Juga Allaah menyebutkan ada beberapa makanan yang diharamkan seperti babi, alkohol dan sebagainya yang itu artinya Allaah maha tau bahwa itu akan sangat berbahaya bagi tubuh kita, berbahaya bagi kesehatan kita sehingga Allaah sampai melarangnya. Allaah juga mengajarkan kepada kita untuk berobat dengan madu, pengobatan dengan bekam, pengobatan dengan ruqyah, sabar ketika menghadapi cobaan dan lain sebagainya maka kita harus yakin bahwa semua itu merupakan teknik pengobatan yang sangat mujarab untuk tubuh kita ketika tubuh kita dalam keadaan tidak seimbang atau sakit.

Maka ketika kita menghadapi suatu penyakit, akankah kita lari dari apa yang Allaah ajarkan kepada kita?. Akankah kita masih mengatakan bahwa pengobatan seperti bekam, madu, ruqyah dan lain sebagainya yang Allaah dan Rasulullaah ShallAllaahu ‘alayhi wasallam ajarkan adalah pengobatan alternatif?. TIDAK. Sekali kali tidak. Pengobatan yang Allaah dan Rasulullaah ajarkan adalah merupakan pengobatan yang UTAMA sebelum pengobatan lainnya. Kenapa? Sekali lagi karena Allaah lah yang menciptakan kita dan Allaah lah yang maha tau apa yang terbaik untuk kesehatan kita dan Allaah lah yang mengajarkan kita mengenai hal itu melalui Rasul-Nya Muhammad ShallAllaahu ‘alayhi wasallam.

Maka ketika kita menderita suatu penyakit, cobalah kita kembali kepada aturan Allaah. Perbanyaklah dzikir dan memohon ampun kepada Allaah karena bisa jadi penyakit itu adalah hasil dari dosa-dosa kita di masa yang lalu, cobalah hadapi penyakit itu dengan kesabaran karena dengan sabar rasa sakit itu akan lebih mudah untuk kita lewati dan dengan sabar juga menjadikan sakit kita ladang pahala dan penggugur dosa-dosa, perbaikilah pola hidup kita karena kebanyakan penyakit timbul dari pola hidup yang salah, kemudian pergilah berbekam, meminum madu, habbatussaudah, memakan makanan yang baik dan halal, memperbanyak buah dan sayuran, menjauhkan diri dari hal-hal yang haram dan setelah semua aturan Allaah kita ikuti, kita kembalikan semuanya kepada Allaah, kita berserah diri kepada Allaah (tawakkal ‘ala Allaah). That`s it.
Memang sangat mudah bagi kita untuk mengatakan hal-hal di atas tapi yakinlah, ketika kita berusaha keras untuk mengamalkannya, Allaah akan membantu kita menuju proses kesembuhan. Mungkin dari kita ada yang belum mengerti apa kaitan kesabaran dengan kesembuhan penyakit?. Banyak orang akan otomatis mengatakan sabar yaaaa…” “sabaaaar…”, “sabaaar…”, “tenaaaang…” ketika seseorang dalam keadaan sakit atau terkena suatu musibah. Ternyata memang semua itu benar. Kesabaran akan sangat berdampak positif pada mereka yang sedang menderita sakit atau yang sedang terkena musibah dan ternyata penyakit itu sangat erat kaitannya dengan emosi manusia (20%), dengan spiritual manusia (50%), dengan mental manusia (20%) dan hanya sebagian kecil penyakit disebabkan oleh fisik manusia (10%). Bagitu juga sebaliknya, kesembuhan seseorang salah satunya ditentukan oleh spiritual manusia dan berdasarkan teori yang saya pelajari dalam pengobatan Thibbun Nabawi juga seperti yang telah saya tuliskan di atas bahwa spiritual itu menyumbang 50% terhadap hadirnya suatu penyakit atau sembuhnya suatu penyakit.

Orang yang spiritualnya lemah alias orang yang lemah iman kalau dalam bahasa agamanya, orang yang tidak punya semangat, tidak punya gairah hidup maka dia akan sangat mudah terkena suatu penyakit karena dia telah kehilangan prosentase terbesar dalam dirinya. Spiritual yang lemah ini akan otomatis berdampak pada hal-hal lainnya misalnya fisiknya menjadi lemah, lemah mental juga dan menjadikan emosinya tidak stabil dan menjadikan dia menjadi orang yang sakit. Begitu juga sebaliknya, orang yang sakit ketika dia mempunyai semangat yang tinggi untuk sembuh, sabar dalam menghadapi sakitnya, spiritualnya bagus, maka dia akan lebih mudah bangkit dari kesakitannya dan menjadi sehat kembali.

Jadi jika ada 2 orang yang sakitnya sama, dibawa ke pengobatan yang sama, dikasih resep dengan dosis yang sama, diperlakukan 100% sama, memakan makanan yang sama sedangkan yang satu mempunyai spiritual yang lemah sedangkan yang lainnya mempunyai spiritual yang kuat, mempunyai semangat untuk sembuh dan kesabaran yang besar dalam menghadapi penyakit, maka kemungkinan besar orang yang spiritualnya kuat inilah yang akan cepat mencapai kesembuhan.

Maka marilah kita perkuat spiritual kita dengan kembali kepada ajaran Allaah, marilah kita ikuti aturan-aturan Allaah, berikan hak-hak yang baik untuk tubuh kita dan berusaha menghadapi semuanya dengan kesabaran yang besar, keyakinan yang besar bahwa hanya Allaah lah yang maha penyembuh, hanya Allaah lah yang maha memudahkan semua kesulitan dan setelah kita melakukan semua doa dan usaha (ikhtiar), kita pasrahkan semuanya hanya kepada Allaah yang maha pemberi jalan keluar. Dengan begitu In shaa Allaah cobaan apapun itu, penyakit apapun itu akan bisa kita lewati dengan lebih mudah. In shaa Allaah.

No comments:

Post a Comment