Thursday 14 February 2013

Anjuran Nabi Menghindari Orang yang Sakit

adab terhadap orang sakit
Rasuulullaah shallAllaah 'alayhi wa sallam mengajarkan kepada kita bagaimana menjaga kesehatan diri dan mengajarkan pula apa yang harus kita lakukan ketika kita bersama orang yang sakit. Salah satu anjuran yang Nabi Muhammad shallAllaah 'alayhi wa sallam agar kita tidak terkena penyakit adalah dengan cara menghindari orang yang sakit.

Dalam shahih Al-Bukhari dan Muslim diriwayatkan bahwa beliau bersabda:
لا يو ر د ن ممر ض على مصح 
Artinya "Janganlah orang sakit itu makan bersama orang sehat"

Dalam riwayat lain Al-Bukhari secara mua'allaq dari hadis Abu Hurairah, dari Nabi shallAllaah 'alayhi wa sallam bahwa beliau bersabda:
"Larilah dari orang yang terkena lepra seperti kalian lari dari singa".

Dalam Sunan Ibnu Majah diriwayatkan dari hadus Ibnu Abbas bahwa Nabi shallAllaah 'alayhi wa sallam bersabda:
"Janganlah kalian terlalu lama memandang orang yang terkena lepra"

Diriwayatkan juga dari Rasulullaah shallAllaah 'alayhi wa sallam bahwa beliau bersabda:
"Berbicaralah dengan orang yang terkena lepra dengan jarak antara engkau dan dia kira-kira satu tombak atau dua tombak."

Penyakit lepra menurut kalangan ahli medis merupakan jenis penyakit menular dan juga merupakan penyakit turunan. Penularannya sama dengan penyakit TBC yaitu bisa menular melalui bau, subhaanallaah karena begitu sayangnya Rasul pada ummatnya sehingga dijelaskan oleh Rasulullaah sendiri untuk benar-benar mengindari penyakit menular ini, bahkan subhaanallaah berabad-abad yang lalu sebelum para dokter modern menemukan cara penularan penyakit ganas ini, Rasulullaah shallAllaah 'alayhi wa sallam telah mengetahui melalui wahyu dari Allaah dan mengajarkan kepada kita bahwa penyakit tersebut dapat menular walaupun hanya melewati udara atau bau.

Jika kita mau berfikir, subhaanallaah kita akan tercengang bagaimana Allaah mengajarkan semua sendi kehidupan sampai sekecil apapun kepada kita. Mengajarkan apa yang harus dilakukan seorang muslim dalam kesehariannya,apa yang harus dilakukan seorang muslim untuk menjaga kesehatannya, apa yang harus dilakukan seorang muslim ketika dia menderita sakit dan bagaimana pula cara pengobatannya sampai kepada bagaimana berinteraksi dengan penderita penyakit lepra ini pun dijelaskan sampai detail. Subhaanalallaah. Oleh karena itu sangat sangat merugi bagi mereka yang kafir di dunia ini yang hanya menikmati sesuatu yang fana dan akan di adzab di akhirat nanti karena dia tidak beriman kepada Allaah. Sungguh merugi orang-orang yang kafir. Semoga Allaah memberikan hidayah kepada mereka untuk memeluk agama islam dan beribadah hanya kepada Allaah Rabb semesta alam, Allaahu Akbar!.

Kembali kepada anjuran Nabi menghindari orang yang sakit, dalam hadis yang lain Rasuulullaah shallAllaah 'alayhi wa sallam bersabda:
"Apabila terjadi wabah pes di suatu negeri sementara kalian sedang berada di dalam negeri tersebut, janganlah kalian keluar. (sementara) Bila wabah itu terjadi di suatu negeri sementara kalian berada di luar negeri tersebut, jangan kalian memasukinya."


No comments:

Post a Comment